Selasa, 30 Oktober 2012

Makna Dibalik Hari Sumpah Pemuda


     Setiap tanggal 28 Oktober, kita sebagai warga negara indonesia yang baik tentu akan memperingati hari sumpah pemuda. Bagaimana cara memperingati hari sumpah pemuda dengan baik? Sebelumnya, kita cari tau dulu tentang arti sumpah pemuda.
      Apa sih sumpah pemuda itu? menurut beberapa artikel, sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, maka dari itu kita wajib untuk menghargai para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwanya untuk negara, yang kini telah merdeka. Mereka, para pemuda memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk mencapai kemerdekaan setelah ratusan tahun rakyat indonesia mengalami penindasan dibawah kekuasaan kaum kolonialis.

     Masih ingatkah kalian dengan isi Sumpah Pemuda? Banyak dari kita yang lupa, bahkan mungkin ada yang tidak tahu satupun. Isi sumpah pemuda adalah sebagai berikut :
1.) Sumpah Pemuda versi orisinal
      (Pertama)
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
      (Kedoewa)
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
      (Ketiga)
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

2.) Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan
      (Pertama)
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
      (Kedua)
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
      (Ketiga)
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

    Nah, sekarang kita bahas bagaimana cara memperingati hari sumpah pemuda secara positif dan membangun karakter pemuda saat ini. Yang pertama,
a. Dengan belajar atau mengikuti berbagai lomba olimpiade hingga tingkat internasional.
Tentu saja, belajar adalah hal pertama yang harus kita lakukan sebagai seorang pelajar.
b. Menciptakan karya-karya yang terampil, menarik, dan baru. Seperti robot dan sebagainya.
c. Memelihara lingkungan sekitar. Ini adalah cara yang mudah sekali. Kita sebaiknya memelihara lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya, agar kita dapat mewujudkan bangsa yang bersih, jauh dari kata kotor.

    Sumpah pemuda merupakan hari yang bermakna besar bagi bangsa Indonesia, hari yang memberikan kita kemerdekaan hingga saat ini. Kita patut untuk menghargai semua jasa para pahlawan ataupun pemuda di hari itu yang membela negara hingga titik penghabisan.
   
    Dengan segala upaya yang telah tercantum tadi, kita dapat melaksanakan atau membalas budi para pahlawan dengan cara-cara yang disebutkan diatas sebagai contohnya. Masih banyak contoh yang dapat kita petik dari semua itu. Sekian postingan saya kali ini, saya berharap kita sebagai pemuda-pemudi agar terus berkarya untuk menjunjung tinggi nama Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar